Sabtu, 12 Mei 2012

Tugas Kelompoknya, Buat Maket

بِسْــــــــــــــــــــــمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
Assalamualaikum Wr. Wb

Kalo ngomongin kuliah, pasti ndak jauh dari kata Semester. Dan ngomong-ngomong masalah semester, saya sekarang sudah semester 6. Dan ternyata semester 6 itu adalah semester yang saya rasa kesibukannya paling memuncak. Terlebih saat mata kuliah yang biasa orang menyebutnya TAM (Teknik Antar Muka). Awalnya memang terasa menyenangkan saat mahasiswa di ajak praktek alat, tapi semua berubah ketika negara api menyerang.. #eaaa



Sesaat setelah praktek alat, dengan santai dosen mengatakan "Tugas Kelompoknya, Buat Maket Lampu Lalu Lintas". Serentak mahasiswa pun bingung, maket, apa market? (maklum masih unyu-unyu). Lalu kita tanya sama Mbah Gugel, oh ternyata maket ituh miniatur. Anggapan pertama sih, "Wiih, keren". Tapi ternyata oh ternyata pengerjaannya ribet banget, dari ide, bahan, aaaahhh semua deh, sampai nggak tidur ngerjain nya. Memang sih ngerjain nya rada santai, sambil seru-seruan, tapi tetap aja "Pegaaal". #haha

Keren nya dari tugas maket ini adalah, kita tidak hanya sekedar membuat maket, tapi kita juga menambahankan fitur lampu lalau lintas yang di hidupkan menggunakan lampu LED dan di hubungkan dengan port paralel ke komputer sehingga di buat seolah-olah seperti keadaan jalan yang sebenarnya

(Untuk program penerapannya bisa di download di sini : Aplikasi Lampu lalu lintas D7*)
(*Yang udah ada coding port paralelnya download disini : Aplikasi Lampu Lalu Lintas (port Paralel)
(*Untuk aplikasi pengujian Port paralel bisa di download disini : Aplikasi Pengujian Port Paralel

Kelompok saya ngerjain nya barengan 2 kelompok lain. Maksudnya biar bisa bagi-bagi ide.
Ini wajah-wajah kelompok saya.


Dari Kiri : Egha, Fina Adnan, Surya
 Dan ini wajah-wajah 2 kelompok lainnya.


Dari Kiri : Redha, Amey, Albert
Dari Kiri : Novi, Freby, Budi


Kalo masalah pengerjaannya jangan di tanya lagi. Kan udah saya bilang berkali-kali, "Ribet", mungkin juga sih karena kami nggak terbiasa, masih newbie istilahnya.

Dan kalo teman-teman pada menyakan tentang bahan-bahan pembuatannya, yah minta tolong carikan sama mbah gugel aja. Tapi kalo teman-teman masih tetap bersikeras ingin tahu bahan-bahan apa yang kami gunakan,, yaah boleh lah saya rincikan, tapi ingat, ini rahasia .. #haha..
 
Bahan :
- Styrofoam
- Lem
- Karton/Asturo/Kertas minyak
- Mainan (mobil-mobilan, rumah-rumahan, dll)
- Stik Es Krim
- Sabut cuci piring
- Kawat
- Kabel
- LED
- Cat
- Selotip/isolasi
- Dll

Alat :
- Gunting
- Pisau
- Silet
- Kuas
- Sendok
- Garpu
- Spidol
- Pulpen
- Pensil
- Penggaris
- Dll

Pendukung :
- Mie Instan
- Gorengan
- Air minum rasa Jeruk
- Air minum rasa tawar
- Snack
- Dll

Nah, kira-kira begitu. Untuk teman-teman yang juga ingin membuat maket, harus memperhatikan 2 hal berikut, yaitu uang dan makanan. Karna kalo nggak ada uang nggak bisa beli makanan, dan kalo nggak ada makanan berarti nggak ada uang. #nggak nyambung #nggak penting
Yang pasti semangat aja.. #haha

Akhir kata,

Untuk galeri proses pengerjaan tiap-tiap kelompok, bisa di klik nama kelompok di bawah ini :
1. Kelompok Adnan, Surya, Egha, Fina
2. Kelompok Redha, Amey, Albert
3. Kelompok Budi, Freby, Novi

Wassalamualaikum Wr. Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ada komentar?
Menurut kalian gimana?